Rabu, 18 November 2015

Motivasi dan Review film 3 Idiots

Kelompok Kamboja
Ami NurDianah
DindaKhairunissa
KhairunnisaFadhilah 
Ni KomangIntan D.M 
Oktavia Sabiela 

I.     Pendahuluan
3 Idiots
3 idiots menceritakan sebuah kisah persahabatan 3 orang mahasiswa teknik mesin diIndia yang memulai jenjang kuliahnya di universitas nomor 1 di negerinya. dikisahkan 3 orang ini bernama Rancho, Farhan, dan Raju. Mereka adalah teman satu kamar di asramanya semenjak hari pertama menjejakkan kaki di universitas tersebut. Farhan dan Raju adalah mahasiswa biasa yang nilainya pun pas-pasan.
Sedangkan dikisahkan seorang Rancho adalah seorang mahasiswa yang jenius dan selalu mengaplikasikan ilmu yang telah dia dapat sebelum maupun saat dia pelajari sewaktu kuliahnya. Mereka menjalani hidup sebagai mahasiswa dan memiliki ikatan persahabatan yang kuat, hingga akhirnya dalam sebuah perjalannya mereka bertemu dengan Pia. Pia, adalah seorang mahasiswi kedokteran yang selidik punya selidik adalah anak dari rektor universitasketiga sahabat ini.
Sejak awal, sang rektor, yang mendapat julukan “Virus” darimahasiswanya merupakan dosen yang sangat kaku, kejam, intolerir, namun pintar. Dalam sebuah kesempatan, Rancho, mengkritik sistem pengajaran yang dilakukan di dalamkampusnya. Mr. Viru tidak terima dengan kritikan Rancho, dan sejak saat itu, sang rektoryang bergelar “Virus” menjadi peranantagonis dalam film ini.
Sebuah kritik yang dilontarkan Rancho adalah bahwa universitas ICE (Imperial College Engineering) yang dia dan kawan - kawannya dialami hanya menghasilkan insinyur -insinyur yang hanya pintar bicara, tidak ada topik mengenai penemuan baru tiap harinya, tidak ada penemuan baru yang dihasilkannya tiap tahun, dan metode pengajaran yang mengarahkan mahasiswanya untuk mendapatkan nilai sangat bagus, namun belum tentu bisa mengaplikasinya ilmunya tersebut. Bahkan hanya menghasilkan lulusan yang nantinya bekerja pada perusahaan asing, dengan gaji besar, namun tidak memajukan bangsanya sendiri.
Universitas bukan mengajarkan ilmu yang aplikatif namun mengajarkan bagaimana mendapatkan nilai yang bagus. Rancho selalu berkata pada 2 sahabatnya, Farhan dan Raju untuk selalu menjadi diri sendiri, tidak atas dasar paksaan dari orang lain. karena kebahagian datang saat kita menikmati setiap langkah yang kita ambil, kemudian kesuksesan akan menjadi ekses dari langkah kita tersebut.
Dalam mengkritik sistem yang kaku di tempat diakuliah, Rancho, Farhan, dan Raju mengalami berbagai asam manisnya kehidupan menjadi mahasiswa. Tawa dan tangis selalu mereka lewati bersama, hingga akhirnya diceitakan mereka pun lulus kuliah dengan Rancho sebagai mahasiswa terbaik di kampus tersebut.Farhan akhirnya menjadi seorang fotografer profesional, meninggalkan dunia teknik, Raju menjadi salah satu direktur perusahaan asing di India, dan satu lagi kawannya bernama Chatur yang sebelumnya tidak disebutkan (dia adalah saingan Rancho untuk mencapai peringkat mahasiswa terbaik di ICE) menjadi seorang pengusaha sukses yang punya Mobil Lamborghini. 
Namun, selepas mereka lulus kuliah, Farhan, Raju, dan Pia tidak pernah mendengar kabar mengenai Rancho. Diceritakan di masa depan, akhirnya Farhan, Raju, Pia, dan ditemani Chatur mencari kabar Rancho hingga melintasi dataran India. Mereka akhirnya tiba di sebuah rumah mewah, seperti istana, dan mereka menemukan Rancho. Tapi, saat bertemu,itu bukan Rancho yang mereka kenal saat mereka kuliah dulu. Rancho berubah..dan ternyata bukan Ranco yang mereka kenal, melainkan Rancho asli dan Rancho yang mereka kenal ternyata tidak berada disini, dan ternyata kawan mereka hanyalah anak dari seorang pembantu yang hanya butuh belajar, namun tak butuh ijazah.
Mereka berbicara dengan Rancho yang asli ternyata kawan mereka ini berada di luar negeri. Dan setelah mereka mencari dan akhirnya bertemu dan Chatur tertawa saat melihat rancho hanya menjadi guru biasa saja, namun pada saat dia tertawa terbahak-bahak dia kaget saat menerima telpon dari bos besarnya dan ternyata bos besarnya adalah Phungshuk Wangduyang mereka kenal sebagai Rancho Chanchad.

II.    Landasan Teori

A.    Motivasi
Motivasi adalah proses yang memberi semangat, arah dan kegigihan perilaku (Santrock, 2010).
Motivasi belajar menurut Hamzah Uno (dalam Sumantri, 2015) adalah dorongan dan kekatan dalam diri seseorang untnuk melakukan tujuan tertentu yang ingin dicapainya.
Motivasi belajar menurut Sardiman, Ridwan (dalam Aritonang, 2008) adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar mengajar dan memberi arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai.
Motivasi belajar (dalam Sumantri, 2015) adalah daya penggerak yang ada di dalam diri seseorang yang bersifat instrinsik maupun ekstrinsik yang dapat menimbulkan kegiatan belajar, memberi arah dan menjamin kelangsungan belajar serta berperan dalam hal pertumbuhan beberapa sifat positif, seperti kegairahan, rasa senang belajar, sehingga menambah pengetahuan dan keterampilan.
Motivasi belajar menurut Winkel (dalam Sumantri, 2015) adalah memegang peranan penting dalam memberikan gairah atau semangat dalam belajar, sehingga siswa yang bermotivasi kuat memiliki energi banyak untuk melakukan kegiatan belajar.

Terdapat empat perspektif dalam motivasi :
a.      Perspektif Behavioral
menekankan kepada reward dan punishment sebagai kunci menentukan motivasi  siswa.
b.      Perspektif Humanistik
menekankan kepada kapasitas murid untuk mengembangkan kepribadian, kebebasan untuk memilih nasib mereka dan kualitas positif seperti peka terhadap orang lain. Perspekti ini berkaitan erat dengan hirarki kebutuhan Abraham Maslow yaitu fisiologis, keamanan, cinta dan rasa memiliki, harga diri, aktualisasi diri.
c.       Perspektif Kognitif
Menurut perspektif kognitif pemikiran murid akan memandu motivasi mereka.
d.      Perspektif Sosial
Kebutuhan afiliasi atau keterhubungan adalah motif untuk berhubungan dengan orang lain secara aman.
Motivasi untuk meraih sesuatu terdiri dari dua jenis, yaitu :              
1.      Motivasi Ekstrinsik
Motivasi ekstrinsik merupakan  motivasi yang berasal dari luar. Misalnya kita melakukan sesuatu karena memang ada peraturan yang harus dipatuhi terkait sesuatu tersebut. Motivasi ekstrinsik ini biasanya dipengarui oleh reward dan punishment.
2.      Motivasi Intrinsik
Motivasi intrinsik merupakan motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri. Seseorang ingin melakukan sesuatu karena memang dia ingin melakukannya.

B.     Self Esteem
Self esteem is a feeling that always expresses itself in the way people act, that can be observed in what children do and how they do things (Harris Clemes). Menurut Papalia, Olds, dan Feldman (2009), self esteem ialah penilaian seseorang tentang keberhargaan dirinya.

C.    Self efficacy
keyakinan seseorang bahwa ia bisa menguasai suatu situasi dan memproduksi hal positif (Santrock, 2010)

D.    Minat
Minat merupakan hal yang sudah ada dalam diri individu yang mengarahkan hal-hal yang ingin dilakukannya.

E.     Gifted Children
Anak berbakat (gifted) punya kecerdasan diatas rata-rata (biasanya punya IQ diatas 130) dan atau punya bakat ungggul di beberapa bidang, seperti seni, musik, atau matematika (Santrock, 2010).

F.     ANALISIS
Analisis dari kelompok kami adalah bagaimana sikap dari Rancchoddas "Rancho" Shyamaldas Chanchad (Aamir Khan). Rancho memiliki kedua faktor dalam dirinya Seperti kematangan perkembangan kognitif dan intelegensi, kematangan pribadi, emosi, dan sosial­­. Selain itu faktor-faktor eksternal juga memiliki peran penting dalam keberhasilan belajarnya seperti kondisi sosial ekonomi, dan lingkungan universitas yang mendukung. Dalam kuliah, Rancho dibiayai oleh orang tua angkatnya yang memiliki sosial ekonomi tinggi. Selain itu sekolah menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung prestasi Rancho di bidang teknik, seperti adanya asrama mahasiswa, laboratorium dan berbagai fasilitas lainnya.
Motivasi berkompetensi dalam diri Racho. Hal ini ditunjukkan motivasinya untuk menjadi mahasiswa yang terbaik di ICE.Motivasi yang dimiliki Rancho untuk kuliah di ICE adalah motivasi intrinsik dan ekstrinsik.
Motivasi intrinsik ditunjukkan dari keinginan Rancho secara pribadi untuk masuk ke fakultas teknik karena menyukai segala hal tentang mesin dan teknik. Motivasi ekstrinsik adalah tuntutan dari majikannya untuk kuliah menggunakan nama anak majikan tersebut, dan menjadi sarjana teknik dengan nilai terbaik.
Rancho merupakan peserta didik yang memiliki self esteem tinggi. Ia percaya diri dalam bergaul di lingkungan kampusnya. Meskipun banyak orang lain yang kesal terhadap kekritisannya, tetapi ia tetap percaya diri dalam menjalani kehidupan. Self efficacy yang tinggi juga dimiliki oleh Rancho. Ia meyakini memiliki kemampuan dan memaksimalkan kemampuan tersebut. Hal tersebut terbukti saat wisuda ia mampu memaksimalkan kemampuannya dibidang teknik dan menjadi lulusan terbaik di ICE.

III.             Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan
Rancho merupakan mahasiswa Imperial Collage of Engineering (ICE).Rancho memiliki kemampuan kognitif yang sangat bagus. Dibuktikan dari kemampuan dalam mengikuti setiap pelajaran dan minatnya yang tinggi dibidang teknik. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan sosial yang bagus. Ditunjukkan oleh kemampuannya yang tinggi, dan kedekatannya dengan peer-nya. Kemampuan sosial yang bagus ini menjadikan self esteem-nya ikut meningkat.

DAFTAR PUSTAKA
Papalia, Olds, & Feldman. 2009.Human Development 11th Edition. New York: McGraw-Hill
Santrock, John W. 2010. Psikologi Pendidikan. Cetakan kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sumantri, S.M. (2015). Strategi pembelajaran: Teori dan praktik di tingkat
pendidikan dasar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Aritonang, T.K. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan penabur,10,14.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar