Kelompok Kamboja
Ami NurDianah
DindaKhairunissa
KhairunnisaFadhilah
Ni KomangIntan D.M
Oktavia Sabiela
I. Pendahuluan
3
Idiots
3 idiots menceritakan sebuah kisah persahabatan 3
orang mahasiswa teknik mesin diIndia yang memulai jenjang kuliahnya di
universitas nomor 1 di negerinya. dikisahkan 3 orang ini bernama Rancho,
Farhan, dan Raju. Mereka adalah teman satu kamar di asramanya semenjak hari
pertama menjejakkan kaki di universitas tersebut. Farhan dan Raju adalah
mahasiswa biasa yang nilainya pun pas-pasan.
Sedangkan dikisahkan seorang Rancho adalah seorang
mahasiswa yang jenius dan selalu mengaplikasikan ilmu yang telah dia dapat
sebelum maupun saat dia pelajari sewaktu kuliahnya. Mereka menjalani hidup
sebagai mahasiswa dan memiliki ikatan persahabatan yang kuat, hingga akhirnya
dalam sebuah perjalannya mereka bertemu dengan Pia. Pia, adalah seorang
mahasiswi kedokteran yang selidik punya selidik adalah anak dari rektor
universitasketiga sahabat ini.
Sejak awal, sang rektor, yang mendapat julukan “Virus”
darimahasiswanya merupakan dosen yang sangat kaku, kejam, intolerir, namun
pintar. Dalam sebuah kesempatan, Rancho, mengkritik sistem pengajaran yang
dilakukan di dalamkampusnya. Mr. Viru tidak terima dengan kritikan Rancho, dan
sejak saat itu, sang rektoryang bergelar “Virus” menjadi peranantagonis dalam
film ini.
Sebuah kritik yang dilontarkan Rancho adalah bahwa
universitas ICE (Imperial College Engineering) yang dia dan kawan - kawannya
dialami hanya menghasilkan insinyur -insinyur yang hanya pintar bicara, tidak
ada topik mengenai penemuan baru tiap harinya, tidak ada penemuan baru yang
dihasilkannya tiap tahun, dan metode pengajaran yang mengarahkan mahasiswanya
untuk mendapatkan nilai sangat bagus, namun belum tentu bisa mengaplikasinya
ilmunya tersebut. Bahkan hanya menghasilkan lulusan yang
nantinya bekerja pada perusahaan asing, dengan gaji besar, namun tidak memajukan
bangsanya sendiri.
Universitas bukan mengajarkan ilmu yang aplikatif
namun mengajarkan bagaimana mendapatkan nilai yang bagus. Rancho selalu berkata
pada 2 sahabatnya, Farhan dan Raju untuk selalu menjadi diri sendiri, tidak
atas dasar paksaan dari orang lain. karena kebahagian datang saat kita
menikmati setiap langkah yang kita ambil, kemudian kesuksesan akan menjadi
ekses dari langkah kita tersebut.
Dalam mengkritik sistem yang kaku di tempat diakuliah,
Rancho, Farhan, dan Raju mengalami berbagai asam manisnya kehidupan menjadi
mahasiswa. Tawa dan tangis selalu mereka lewati bersama, hingga akhirnya
diceitakan mereka pun lulus kuliah dengan Rancho sebagai mahasiswa terbaik di
kampus tersebut.Farhan akhirnya menjadi seorang fotografer profesional, meninggalkan
dunia teknik, Raju menjadi salah satu direktur perusahaan asing di India, dan
satu lagi kawannya bernama Chatur yang sebelumnya tidak disebutkan (dia adalah
saingan Rancho untuk mencapai peringkat mahasiswa terbaik di ICE) menjadi
seorang pengusaha sukses yang punya Mobil Lamborghini.
Namun, selepas mereka lulus kuliah, Farhan, Raju, dan Pia tidak pernah mendengar
kabar mengenai Rancho. Diceritakan di masa depan, akhirnya Farhan, Raju, Pia,
dan ditemani Chatur mencari kabar Rancho hingga melintasi dataran India. Mereka
akhirnya tiba di sebuah rumah mewah, seperti istana, dan mereka menemukan
Rancho. Tapi, saat bertemu,itu bukan Rancho yang mereka kenal saat mereka
kuliah dulu. Rancho berubah..dan ternyata bukan Ranco yang mereka kenal,
melainkan Rancho asli dan Rancho yang mereka kenal ternyata tidak berada
disini, dan ternyata kawan mereka hanyalah anak dari seorang pembantu yang
hanya butuh belajar, namun tak butuh ijazah.
Mereka berbicara dengan Rancho yang asli ternyata kawan mereka ini berada di luar negeri. Dan
setelah mereka mencari dan akhirnya bertemu dan Chatur tertawa saat melihat
rancho hanya menjadi guru biasa saja, namun pada saat dia tertawa
terbahak-bahak dia kaget saat menerima telpon dari bos besarnya dan ternyata
bos besarnya adalah Phungshuk Wangduyang mereka kenal sebagai Rancho Chanchad.
II.
Landasan Teori
A. Motivasi
Motivasi adalah proses yang memberi semangat, arah dan kegigihan
perilaku (Santrock, 2010).
Motivasi belajar
menurut Hamzah Uno (dalam Sumantri, 2015) adalah dorongan dan kekatan dalam
diri seseorang untnuk melakukan tujuan tertentu yang ingin dicapainya.
Motivasi belajar menurut Sardiman,
Ridwan (dalam Aritonang, 2008) adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri
siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari
kegiatan belajar mengajar dan memberi arah pada kegiatan belajar, sehingga
tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai.
Motivasi belajar (dalam Sumantri,
2015) adalah daya penggerak yang ada di dalam diri seseorang yang bersifat
instrinsik maupun ekstrinsik yang dapat menimbulkan kegiatan belajar, memberi
arah dan menjamin kelangsungan belajar serta berperan dalam hal pertumbuhan
beberapa sifat positif, seperti kegairahan, rasa senang belajar, sehingga
menambah pengetahuan dan keterampilan.
Motivasi belajar menurut Winkel
(dalam Sumantri, 2015) adalah memegang peranan penting dalam memberikan gairah
atau semangat dalam belajar, sehingga siswa yang bermotivasi kuat memiliki
energi banyak untuk melakukan kegiatan belajar.
Terdapat empat perspektif dalam motivasi :
a. Perspektif Behavioral
menekankan kepada reward dan punishment sebagai
kunci menentukan motivasi siswa.
b. Perspektif Humanistik
menekankan kepada
kapasitas murid untuk mengembangkan kepribadian, kebebasan untuk memilih nasib
mereka dan kualitas positif seperti peka terhadap orang lain. Perspekti ini
berkaitan erat dengan hirarki kebutuhan Abraham Maslow yaitu fisiologis,
keamanan, cinta dan rasa memiliki, harga diri, aktualisasi diri.
c. Perspektif Kognitif
Menurut perspektif
kognitif pemikiran murid akan memandu motivasi mereka.
d. Perspektif Sosial
Kebutuhan afiliasi
atau keterhubungan adalah motif untuk berhubungan dengan orang lain secara
aman.
Motivasi untuk meraih
sesuatu terdiri dari dua jenis, yaitu
:
1. Motivasi Ekstrinsik
Motivasi ekstrinsik
merupakan motivasi yang berasal dari luar. Misalnya kita melakukan
sesuatu karena memang ada peraturan yang harus dipatuhi terkait sesuatu
tersebut. Motivasi ekstrinsik ini biasanya dipengarui oleh reward dan punishment.
2. Motivasi Intrinsik
Motivasi intrinsik
merupakan motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri. Seseorang ingin
melakukan sesuatu karena memang dia ingin melakukannya.
B.
Self Esteem
Self esteem is a
feeling that always expresses itself in the way people act, that can be observed
in what children do and how they do things (Harris Clemes).
Menurut Papalia, Olds, dan Feldman (2009), self esteem ialah
penilaian seseorang tentang keberhargaan dirinya.
C.
Self efficacy
keyakinan seseorang
bahwa ia bisa menguasai suatu situasi dan memproduksi hal positif (Santrock,
2010)
D. Minat
Minat merupakan hal
yang sudah ada dalam diri individu yang mengarahkan hal-hal yang ingin
dilakukannya.
E. Gifted Children
Anak berbakat (gifted)
punya kecerdasan diatas rata-rata (biasanya punya IQ diatas 130) dan atau punya
bakat ungggul di beberapa bidang, seperti seni, musik, atau matematika
(Santrock, 2010).
F. ANALISIS
Analisis dari kelompok
kami adalah bagaimana sikap dari Rancchoddas "Rancho" Shyamaldas
Chanchad (Aamir Khan). Rancho memiliki kedua faktor dalam dirinya Seperti kematangan
perkembangan kognitif dan intelegensi, kematangan pribadi, emosi, dan sosial.
Selain itu faktor-faktor eksternal juga memiliki peran penting dalam
keberhasilan belajarnya seperti kondisi sosial ekonomi, dan lingkungan universitas
yang mendukung. Dalam kuliah, Rancho dibiayai oleh orang tua angkatnya yang
memiliki sosial ekonomi tinggi. Selain itu sekolah menyediakan berbagai
fasilitas yang mendukung prestasi Rancho di bidang teknik, seperti adanya
asrama mahasiswa, laboratorium dan berbagai fasilitas lainnya.
Motivasi berkompetensi
dalam diri Racho. Hal ini ditunjukkan motivasinya untuk menjadi mahasiswa yang
terbaik di ICE.Motivasi yang dimiliki Rancho untuk kuliah di ICE adalah
motivasi intrinsik dan ekstrinsik.
Motivasi intrinsik
ditunjukkan dari keinginan Rancho secara pribadi untuk masuk ke fakultas teknik
karena menyukai segala hal tentang mesin dan teknik. Motivasi ekstrinsik adalah
tuntutan dari majikannya untuk kuliah menggunakan nama anak majikan tersebut,
dan menjadi sarjana teknik dengan nilai terbaik.
Rancho merupakan
peserta didik yang memiliki self esteem tinggi. Ia percaya
diri dalam bergaul di lingkungan kampusnya. Meskipun banyak orang lain yang
kesal terhadap kekritisannya, tetapi ia tetap percaya diri dalam menjalani
kehidupan. Self efficacy yang tinggi juga dimiliki oleh
Rancho. Ia meyakini memiliki kemampuan dan memaksimalkan kemampuan tersebut.
Hal tersebut terbukti saat wisuda ia mampu memaksimalkan kemampuannya dibidang
teknik dan menjadi lulusan terbaik di ICE.
III.
Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
Rancho merupakan mahasiswa Imperial Collage of
Engineering (ICE).Rancho memiliki kemampuan kognitif yang sangat
bagus. Dibuktikan dari kemampuan dalam mengikuti setiap pelajaran dan minatnya
yang tinggi dibidang teknik. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan sosial yang
bagus. Ditunjukkan oleh kemampuannya yang tinggi, dan kedekatannya dengan peer-nya.
Kemampuan sosial yang bagus ini menjadikan self esteem-nya ikut
meningkat.
DAFTAR PUSTAKA
Papalia,
Olds, & Feldman. 2009.Human Development 11th Edition. New
York: McGraw-Hill
Santrock, John W. 2010. Psikologi Pendidikan. Cetakan
kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sumantri, S.M. (2015). Strategi pembelajaran: Teori dan praktik di tingkat
pendidikan
dasar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Aritonang,
T.K. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan penabur,10,14.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar