Selasa, 29 Oktober 2013

HUBUNGAN CINTA KASIH MENURUT AGAMA DAN NEGARA

CINTA KASIH MENURUT AGAMA
Dalam agama islam cinta dapat diartikan sebagai kasih sayang . Cinta dalam agama islam adalah cinta kita terhadap sang pencipta , kita cinta terhadap semua yang telah diciptakan demi meneruskan hidup di dunia yang harus kita syukuri atas segala rahmat dan karunia yang telah diberikan kepada kita di dunia , jangan lah kau mendustai apa yang telah diberikan oleh Allah Swt , kita harus cinta melaksanakan segala apa yang telah diperintahkan dan menjauhi segala larangannnya.
Di dalam agama islam cinta kasih sangatlah penting bahkan Rasulullah SAW, pun mengajarkan kita cinta kasih. seperti saling tolong menolong satu sama lain, saling menghargai, bahkan tidak membalas apa bila ada orang yang memakinya atau menyakitinya. Rasul pun rela memberikan apa yang ia punya kepada orang lain atau berbagi kepada orang lain walaupun ia dalam kesusahan . Cinta dalam islam menurut tingkatannya adalah :
Cinta tingkat tinggi :
·         Cinta Kepada ALLAH
·         Cinta Kepada Rasul
Cinta tingkat tengah :
·         Cinta kepada orangtua
·         Cinta kepada suami/istri dan keluarga
·         Cinta kepada sesama
Cinta tingkat rendah :
·         Cinta kepada diri sendiri
  • Cinta kepada harta/jabatan

berikut berbagai hal tentang cinta dan kasih dalam hadits:

Rasulullah saw bersabda:

"Janganlah kamu saling membenci, berdengki-dengkian, saling berpalingan, dan jadilah kamu sebagai hamba-hamba Allah yang bersaudara. Juga tidak dibolehkan seorang muslim meninggalkan (tidak bertegur sapa) terhadap sudaranya lebih dari tiga hari." (HR. Muslim).

CINTA KASIH MENURUT NEGARA
Cinta kasih menurut negara adalah, jiwa ragadan semanggat kita di tuangkan atau ditujukan kepada negara kita. Tidak hanya melalui peperangan ataupun pertempuran darah untuk kita dapat mebuktikan kecintaan kita terhadap negara kita.tetapi kita dapat mebuktikan kecintaan kita kepada negara dengan cara menunjukan ketertiban kita yaitu melaksanakak aturan aturan di negera kita di daerah manupun kita tinggal.
Di indonesia kita sebagai warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang telah di atur oleh Undang-Undang Dasar Negara 1945, di dalam UUD tersebut kita empunya banyak kewajiban dan banyak hak kita sebagai warga negera Republik Indonesia. Selain itu pula kita umumnya hanya melaksanakan hak kita saja teteapi kita lupa melaksanakan kwajiban sebagai warga negara.

Dapat disimpulakan bahwa cinta kasih menurut negara adalah,kita rela melakukan apa saja demi kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan yang sudah kita genggam selama ini. Dan tak lupa kita sebagai warga negara yang bijak dan taat kita harus melakukan semua kewajiban kita. Dan kita pun haru menggunakan hak kita sewajarnya sebagai warga negara Indinesia yang baik.

Contoh hubungan baik antar sesama
Di dalam kehidupan ini diantara sesama manusia harus ada namanya saling menghargai sesama manusia. Kareng jika saling menghargai sesama manusia akan menciptakan kehidupan yang aman, tentram dan indah. Sikap menghargai itu pengertiannya adalah sikap toleransi sesama umat manusia, menerima perbedaan antara setiap manusia sebagai hal yang wajar, dan tidak melanggar hak asasi manusia lain.
Sikap ini adalah sikap damai, dimana seseorang menganggap keberadaan orang lain sebagai bagian dari lingkungan sama seperti dirinya, tidak saling bermusuhan atau merugikan antar sesame manusia, tidak membeda – bedakan warna kulit ( ras ),  tidak menganggap bahwa dirinya adalah manusia yang hebat dibandingkan manusia yang lain dan tidak menganggap manusia lain itu lebih rendah. Menghargai orang lain, sebagai salah satu unsur kecerdasan moral adalah elemen yang penting untuk kita tanamkan sejak dini. Dengan bisa menghargai orang lain, kita bisa menjadi insan yang lebih baik dan terpuji.
Contohnya yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari – hari adalah salah satu dalam bidang agama. Jika kita mempunyai teman yang berbeda keyakinan atau agama dengan kita, pada saat teman ingin beribadah kita harus menghargainya dan menghargai agamanya. Misalnya kita tidak berisik saat teman sedang beribadah. Selain dari contoh diatas banyak sekali contoh yang lainm terdapat ketika kita dalam rapat ( musyawarah ). Didalam rapat tersebut , ada seseorang yang mengeluarkan sebuah opini atau pendapat tentang masalah tertentu, lalu jika seseorang sedang menjelaskan pendapatnya kita tidak boleh memotong pembicaraan orang tersebut karena itu tidak baik dan itu bukan contoh kita menghargai seseorang yang sedang berbicara.Perbuatan yang mudah kita lakukan namun kadang kita suka lupa akan hal itu.

 Tanggapan
Menurut saya, sikap saling menghargai itu sangat penting dalam kehidupan. Sikap saling menghargai cara kita membina hubungan baik dengan orang lain agar hidup kita menjadi lebih menyenangkan. Karena jika kita saling menghargai kita akan hidup tentram dan damai dan selain itu jika kita menghargai orang lain maka orang lain akan menghargai kita.  Lalu kita dapat menjalin hubungan silaturahmi atau pertemanan dengan baik.
Source  :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar