Kamis, 09 Oktober 2014

PENJELASAN TENTANG (WWW, EMAIL, SEARCH ENGINE, BROWSER, CHATTING, NETTIQUETTE, KOMUNITAS ONLINE) #Pinternet


A)
      Pengertian dan fungsi WWW
                                

    WWW merupakan kepanjangandari (World Wide Web) yang dapat diartikan sebagai suatu ruang informasiyang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet. Dengan kata lain www juga bisa diartikan sebagainama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses dengan software web browser.
    Dengan adanya WWW, kita bias menerima berbagaimacam informasi dalam berbagai format.WWW sering disebut juga sebagai protocol pada sebuah URL (Uniform Resource Locator).Fungsi WWW sendiri sebenarnya adalah menyediakan data serta informasi yang dibutuhkan untuk dapat dipergunakan bersama.
    WWW pertama kali dikembangkan di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Sekitartahun 1989 Berners-leemembuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web‘ sudah bias dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

Refrensi:
http://www.indoza.com/2014/01/pengertian-www-http-dan-url-di-internet.html
http://gobalbabali.wordpress.com/tugas-sekolah/pengertian-html-http-url-ftp-domain-hosting-dan-www/
http://www.mandalamaya.com/pengertian-www/



 
Pengertian e-mail.
                                             
   E-mail (electronic mail) adalah surat dalam bentuk elektronik. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan dalam hal surat-menyurat. Hal ini di karenakan e-mail merupakan alat komunikasi yang murah, cepat, danefisien. Menggunakan e-mail memungkinkan kita untuk mengirimkan pesan dalam bentuk surat keseluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan biaya yang murah. E-mail yang dikirimkan akan sampai ke alamat yang dituju sesaat e-mail tersebut dikirimkan. Biaya yang dikluarkan pun hanyalah biaya untuk mengakses internet pada saat kita mengirimkan / membuka untuk menerima e-mail tersebut.

Contoh alamat email seperti :
·        Budimembacabuku@yahoo.com
·        Bellasabiela@gmail.com

    Sebagaimana anda lihat, alamat email memuat dua identitas yang dipisahkan oleh tanda @.Dibagian kiri tanda @ biasa disebut dengan username email dan dibagian kanan adalah server atau penyedia dari email tersebut. Username menyatakan identitas pengguna email, sedangkan server menunjukan identitas dari penyedia layanan email.
Jenis-jenis Email antaralain :

1. POP mail (Post Office Protocol)
Pengertian POP mail adalah email yang diterima melalui Internet Service Provider yang menjadi langganan kita (bagiAnda yang connect internet dari rumah atau kantor).

2. Webmail.
Pengertian Web Mail (Web based e-mail) adalahlayanan email yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim email, maka harus masuk kesitus web penyedia layanan email dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk mengakses email kecuali dengan cara tersebut

3. Email forwarding.
Pengertian Email forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang di terimanya kealamat e-mail yang lain. E-mail jenis ini bermanfaat bagi orang yang suka ganti-ganti alamat e-mail.

Manfaat / kegunaan e-mail

               
Media komunikasi. E-mail atau surat elektronika adalah media komunikasi yang biasa dilakukan secara personal atau umum (komunitas) Media pengiriman. Dengan e-mail anda bias melakukan pengiriman data keseluruh dunia dan tentunya pengirim dan yang dikirimi data sama-sama menggunakan alamat e-mail, bukan alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan e-mail anda bias mengirimkan data ke banyak orang hanya dalam hitung menit bahkan detik. Efektif, efisien, danmurah. Melakukan pengiriman data melalui e-mail sangat efektif, efisien, dan murah. Maksudnya, anda tidak perlu keluar rumah dan pergi kekantor pos hanya untuk mengirim foto atau lamaran pekerjaan. Cukup melalui koneksi internet dan alamat e-mail anda, pengiriman akan cepat sampai kealamat tujuan dan tidak perlu biaya mahal.

    iv.                  Media promosi. Jika anda bias memiliki usaha di internet atau bisnis online, anda bisa menpromosi produk ke para pelangganan dengan memanfaatkan daftar e-mail pelanggan yang ada. Media informasi. Melalui e-mail, anda bias mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh dunia yang anda inginkan dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media yang anda tentukan. Membuat blog atau website. Dengan e-mail anda bias membuat blog dan website. Sosial media. Dengan e-mail, anda bias menjalin hubungan dengan teman atau orang lain. Baik menggunakan e-mail itu sendiri atau melalui jejaring social seperti facebook, twitter, atau google.

Refrensi:
http://pengetahuanwawasanz.blogspot.com/2014/03/pengertian-dan-manfaatkegunaan-e-mail.html
http://www.indoza.com/2014/04/pengertian-email-electronic-mail-serta.html

Search engine
                                       


Search engine atau di-Indonesia-kan menjadi mesin pencari adalah sebuah system perangkat lunak (software) yang di desain untuk melakukan pencarian data atau informasi di world wide web (www). Hasil pencarian akan menampilkan serangkaian informasi yang bersumber dari website/blog tertentu,

hasil pencarian ini sering disebut Search Engine Result Pages (SERPs).  Selain halaman website, informasi yang ditampilkan bias berupa gambar, video, atau tipe file lainnya. Search engine melakukan pendataan secara real time dengan bersandar pada algoritma yang sudah teratur dalam web crawl. Inilah yang membedakannya dengan web directories (direktori web) yang biasanya melakukan pendataan manual oleh manusia (human editors).

Manfaat Search Engine

Setelah memahami pengertian search engine, kita perlu mengetahui apasih manfaat search engine? Seluruh pengguna internet pasti pernah menggunakan search engine. Barang kali semua akan setuju bahwa hasil teknologi canggih yang satu ini sangat bermanfaat, terutama dalam hal melakukan pencarian data atau informasi yang kita butuhkan. Kita hanya perlu mengetikan kata kunci tertentu pada kolom pencarian yang disediakan, dan mesin pencari akan bekerja dan menyajikan sumber yang relevan dengan kata kunci tersebut. Dan itu hanya membutuhkan waktu sekian detik.Tidak bias dibayangkan jika teknologi ini tidak ada.Bagaimana caranya kita menemukan informasi yang relevan diantara jutaan sumber yang tersedia? Search engine ini berfungsi layaknya index buku yang biasanya berada di halaman belakang. Ia menunjukkan lokasi kata atau istilah diantara jutaan kata lainnya dalam buku tersebut.

Google memiliki perangkat lunak atau software bernama Web Crawlers. Seperti pada bahasan pengertian search engine yang menjelaskan bahwa search engine adalah sebuah sistem software. Sesuai dengan namanya, software ini bekerja untuk menemukan halaman web yang tersedia untuk umum.Perlu diketahui bahwa tidak semua halaman website bias ditemukan.Hal ini menyangkut pengaturan webmaster sendiri, apakah halaman web tersebut mau dipublikasikan atau tidak.Terkadang webmaster menginginkan halamannya tersembunyi dengan suatu alas an sehingga itu akan mencegah web crawlers menemukannya. Web Crawlers google ini dikenal juga dengan nama “Googlebot”. Seperti layaknya kita melakukan browsing pada sebuah website atau blog, robot ini memperhatikan halaman tersebut dan juga mengikuti setiap link yang ada di sana untuk kemudian dibawa kembali ke server google.

Refrensi:
http://www.titoyulianto.com/pengertian-search-engine-manfaat-cara-kerja/

A) Browser


    Pengertian Browser adalah suatu aplikasi atau program yang dijalankan pada perangkat computer untuk melihat konten yang ada pada media World Wide Web (WWW) dengan memanfaatkan jaringan internet. Teknologi browser yang berkembang saat ini tidak hanya dapat menampilkan halaman yang berisi text atau tulisan saja, browser - browser popular sekarang dapat menampilkan gambar, musik, suara, video, file pdf dan data lainnya.

Beberapa Nama Browser Populer yang pernah ada:

-  Internet Explorer
-  Mozilla Firefox
- Google Chrome
-  Safari Browser
-  Opera
-  Netscape
-  Flock

Semua browser di atas mempunyai kemampuan dasar yang sama, yaitu dapat membuka dan menampilkan konten atau dokumen-dokumen yang tersimpan pada sebuah web server. Proses komunikasi antara browser dengan web server sehingga dapat menampilkan konten tulisan dan gambar yaitu dengan menggunakan HTTP (Hypertext Tranfer Protocol).

Refrensi:
http://www.mandalamaya.com/pengertian-browser/
http://rifairevolution.blogspot.com/2013/04/pengertian-web-browser-berserta-fungsi.html
http://oemahemye.com/internet-2/pengertian-browser-fungsi-dan-beberapa-jenisnya/


 
Chatting
                                     
Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesame pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.

Tentang aplikasi chatting

a. Real time. Aplikasi chatting dijelaskan sebagai suatu aplikasi yang memungkinkan pengguna berkomunikasi tekstual secara langsung (live/real time) dengan pengguna lain.

b Nickname. Pengguna harus memasukkan nickname (tanpa password) sebagai identifikasi unik dalam sistem. Nickname tersebut berlaku dan dikenali oleh sistem selama masa sesi pengaksesan berlangsung, hingga pengguna "keluar" dari ruang chatting atau browser ditutup.

c. Public room. Komunikasi berlangsung dalam sebuah ruang chatting virtual (public room) yang berisi banyak orang. Ketika masuk, pengguna langsung tergabung ke dalam public room di mana di ruang tersebut pesan dari seorang pengguna dapat dibaca oleh semua pengguna yang lain.

d. Send message. Pengguna dapat mengetikkan teks percakapan pada suatu area pengetikan pesan,   
dan menekan sebuah tombol (atau Enter) untuk mengirimkan teks tersebut. Teks pesan percakapan   dari semua pengguna ditampilkan pada suatu area tampilan percakapan, terurut berdasarkan waktu   diterimanya pesan tersebut oleh server. Pesan yang terakhir ditampilkan di bawah.

e. Auto refresh. Area tampilan percakapan otomatis diupdate selama beberapa detik sekali (dan pada saat pengguna mengirimkan pesan baru) sehingga pengguna selalu mengetahui percakapan pengguna lain yang sedang berlangsung tanpa harus melakukan refresh halaman secaramanual.

Refrensi:
http://www.sari-rahmadhanixi.blogspot.com/2011/11/pengertian-chatting.html
http://kamiparapelajaripa2.blogspot.com/2012/11/pengertian-chatting-dan-contohnya.htm


     Pengertian Nettiquette

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhdCNzy7YTnpDk16UXGU21m0-zePzpQTQxT7F3SI_eBvCmZqJIBa0dv1asbvFZoMn8Q3YUBjeDXPYizO8WftjTS2WxAOQ7LEjFnBl0ADJGbi-U_LBH99GDV64Fc1XXcQjYHRSUGeNoJ55nI/s1600/images.jpg

Netiquette adalah istilah yang menggambarkan etiket di Internet. Netiquette adalah kombinasi dari “jaringan” dan “etiket.” Netiquette mencakup etiket dari semua jenis komunikasi internet seperti email, papan pesan, forum dan pesan instan. Mengikuti aturan komunikasi online bisa sama pentingnya sebagai berikut etiket ketika berbicara dengan orang tatap muka.

Fungsi

Netiquette berfungsi sebagai seperangkat pedoman umum yang dapat membuat komunikasi internet yang berguna dan sipil. Misalnya, mengirimkan puluhan surat berantai email ke teman mungkin tampak seperti pengalihan menyenangkan, tetapi dapat menjadi jengkel ke orang yang menerima mereka. Mengirim volume besar email impersonal atau pesan lain kepada orang lain dikenal sebagai “spam” dan sering disukai. Ada aturan umum tertentu, seperti mengirim “spam,” yang umumnya dianggap etiket buruk di Internet, namun komunitas online tertentu mungkin memiliki budaya mereka sendiri dan standar netiket.

Manfaat

Netiquette dapat bermanfaat dalam hal itu dapat mencegah orang dari mengirimkan komunikasi perlu yang dapat membuang-buang waktu orang lain. Hal ini juga dapat mencegah orang dari posting konten yang tidak patut atau jelek di Internet. Misalnya, teks ditulis dalam huruf kapital bisa sulit untuk membaca dan mengetik dalam huruf kapital sering dianggap “berteriak” dalam komunikasi online dan disukai di komunitas internet banyak.

Fitur

Fitur dari netiket dapat bervariasi secara signifikan dari satu komunitas web yang lain tetapi ada beberapa standar yang diterima secara umum di Internet. Lain kemudian menahan diri dari penggunaan spam dan huruf kapital yang berlebihan, menahan diri dari membuat komentar cabul atau diskriminatif juga merupakan aturan umum. Indiana University merekomendasikan menulis online informasi dalam paragraf ringkas dengan kapitalisasi yang tepat dan tanda baca dan menjadi bijaksana dengan bahasa Anda, terutama di forum-forum publik dan ketika menulis komunikasi kelompok, seperti email massal.

Identifikasi

Bila pengguna baru untuk sebuah komunitas web, seperti forum web baru, masyarakat mungkin telah menerima aturan netiket bahwa pengguna tidak akrab dengan. Hal ini dapat membantu untuk mengamati dan membaca komunikasi anggota lain dari komunitas web untuk mengambil pada netiket diterima.
Pertimbangan
Beberapa pengguna internet keluar dari jalan mereka untuk mematahkan aturan yang telah ditetapkan netiket. Orang-orang yang membuat pesan khusus untuk menghasut kemarahan, menyebabkan diskusi gunanya atau orang lain kejut kadang-kadang menyebut “troll internet.” Menanggapi orang-orang yang membuat pesan khusus untuk mendapatkan kenaikan dari orang lain dikenal sebagai “memberi makan troll itu.” Penghinaan Online dan pelanggaran lain dari netiket kadang-kadang disebut “menyala.” Kedua “trolling” dan “menyala” dianggap netiket yang buruk.
Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu:

  •  jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan,
  • jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
  • jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
  • jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
  • jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.

http://kutubuku.web.id/2511/apakah-arti-netiquette
http://chandraaa-sarah.blogspot.com/2011/10/pengertian-netiquette-dan-contoh.html
http://chandraaa-sarah.blogspot.com/2011/10/pengertian-netiquette-dan-contoh.html


 
Komunitas Online

Komunitas online adalah sebuah komunitas yang terbentuk secara virtual (maya) di berbagai layanan internet, misalnya forum online, mailing list, atau grup-grup tertentu. Komunitas yang dimaksud merujuk pada sekumpulan anggota/user yang mempunyai hobi atau ketertarikan yang sama terhadap sesuatu hal. Tujuannya yaitu untuk saling berbagi cerita, informasi, atau pengalaman lain antar anggotanya tanpa terikat oleh waktu dan tempat. Lain halnya dengan komunitas nyata yang berarti kegiatan yang biasa dilakukan oleh kelompok tertentu untuk bertemu dan bertatap muka secara langsung antar anggotanya.

Menurut Ferguson et al., 2004, komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul untuk berbagi sence of community sebagaimana orang-orang yang tidak saling mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan beberapa layanan onlinr, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada penghuninya.

Komunitas maya diciptakan untuk saling berkomunikasi di antara para pengguna internet dengan menggunakan teknologi yang mengguakan platform internet.Walaupun begitu, saat internet populer di kalangan awam, yaitu sejak munculnya http sebagai landasan website, masyarakat baru sekedar menggunakan internet untuk mencari berita atau komunikasi melalui e- mail. Namun segera setelah itu, komunitas maya yang terdiri dari pengguna awam juga mulai terbentuk. Komunitas maya bias berupa mailing list, news group atau bulletin board.

Refrensi:
http://echaelshanadia.wordpress.com/2013/10/31/komunitas-online/
http://dedeh89-psikologi.blogspot.com/2012/10/komunitas-online.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar